BPHM Laksanakan Audit Internal(Unila): Biro Perencanaan dan Hubungan Masyarakat Universitas Lampung (BPHM Unila) melaksanakan Audit Internal, Selasa (6/11/2018). Kegiatan diawali dengan rapat kordinasi yang berlangsung di Ruang Kerja Kepala BPHM.

 

Kepala Bagian Informasi dan Humas Suratno, M.H., dalam arahannya menyampaikan, audit internal bertujuan untuk mengecek apakah prosedur operasional sistem telah diterapkan dan berlanjut. Audit internal dilakukan untuk melihat apakah SOP yang telah dimiliki masing masing subbagian telah dilaksanakan.

"Kita sudah punya SOP. Apakah itu diterapkan. Contoh di subbagian humas ada SOP permintaan wawancara dengan pimpinan, dengan tahapan menerima permohonan, periksa id card, mencatat, koordinasi pimpinan, mendampingi wawancara, kembalikan id card, simpan hasil wawancara. Apakah ini benar-benar dilaksanakan," ungkapnya.

Audit internal, menurutnya, dapat dilaksanakan bila telah menetapkan kriteria audit dan melakukan pemilihan auditor. "Auditor tidak boleh audit diri sendiri.

Kemudian, harus dibuat prosedur terdokumentasi yang menjelaskan tanggung jawab perencanaan pelaksanaan audit dan tata cara pelaporan, memastikan manajemen yang bertanggung jawab atas area audit tanpa penundaan laporan. Ia juga menyampaikan, auditor yang bertugas Harus dilakukan verifikasi atas tindakan yang diambil atas temuan audit, dan melaporkan hasil verifikasinya.

"Silakan audit. Kalau ada temuan, tulis tindakan perbaikannya apa. Lampirkan bukti temuan dan penyelesaiannya. Tujuannya adalah perbaikan bukan mencari kesalahan. Kalau tidak ditemukan kesalahan, berarti sudah bagus," lanjutnya.

Jika ditemukan masalah, tambah Suratno, auditor diharapkan mendeskripsikan masalah, menganalisa penyebab masalah, faktor penyebab, tidakan perbaikan dan memberikan masukan dan saran supaya tidak diulangi, dan melampirkan buktinya.

Pada audit internal ini bertugas sebagai auditor antara lain Dwi Putriana, Siti Nuryani, Almaidah, Fitri Mugni Malalia, M. Nawa Bukhairi, dan Sabky Nirwan.[Caca/Humas]