Didasari Atas Peraturan Pemerintah RI Nomor 61 Tahun 2010 Tentang Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik. Pentingnya publikasi sebagai sarana pencitraan bagi Universitas Lampung dan keinginan yang kuat untuk meningkatkan peranan kehumasan Universitas Lampung.
Untuk itu, Subbagian Hubungan Masyarakat (Humas) di Biro Perencanaan dan Hubungan Masyarakat (BPHM) Unila menggelar Pelatihan Pembuatan Buletin dan Majalah bagi para staf di lingkungan Unila, kamis (18/08).  Khususnya staf di fakultas dan unit-unit kerja lainnya.

Kepala Biro Perencanaan dan Humas Bapak Harsono Sucipto, S.H., M.H. mengatakan Humas berupaya meningkatkan pemahaman dan kemampuan staf dibidang pembuatan buletin dan majalah internal secara khusus  sebagai sarana publikasi dan pencitraan Universitas Lampung. "saya mengharapkan dengan pelatihan ini dapat mengoptimalkan kinerja staf dalam mempublikasikan Unila" ujarnya.  
Kegiatan yang digelar di Hotel Widara Asri ini diikuti 50 peserta yang merupakan staf administrasi dan pengelola website di fakultas, biro, lembaga, maupun unit kerja di kampus setempat. Pelatihan dibuka langsung oleh Rektor Universitas Lampung Bapak Prof. Dr. Hasriadi Mat Akin, M.S. Dalam sambutannya, Rektor berharap, setelah mengikuti kegiatan ini diharapkan dapat mencapai Visi Unila yaitu menjadi 10 Universitas terbaik “saya mendukung adanya kegiatan pelatihan ini guna membangun iklim baru untuk kampus hijau" ujarnya.

Dalam pelatihan itu, Humas menggandeng pemateri dari Lampung Post dan Radar Lampung yakni Sudarmono, Rinda Mulyani, dan Alamsyah. Adapun materi yang disampaikan antara lain Teknik Dasar Penulisan Berita, Teknik Reportase dan Menentukan Rubrikasi Buletin, Dasar-dasar Fotografi dan Teknik fotografi dan Teknik Sudut Penempatan Kamera Pada Saat Mengambil Gambar.