(Unila): Era keterbukaan menuntut Badan Publik termasuk Universitas Lampung (Unila) untuk memberikan informasi publik sebagai implementasi Undang – Undang Republik Indonesia Nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP).

Merespons amanat undang-undang tersebut, Kampus Hijau berkomitmen merumuskan pembentukan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) di lingkungan universitas yang kini berusia 51 tahun tersebut.

Dengan adanya PPID di Unila, maka kebutuhan masyarakat terkait berbagai informasi dan data yang berhubungan dengan kepentingan publik dapat terlayani dengan optimal.

Demikian benang merah dari paparan Wulan Sucisca, S.I.Kom., M.Si., selaku narasumber utama dalam rapat pembentukan PPID Unila di Ruang Sidang Rektorat Lantai II Unila, Selasa (6/12) pagi. Kegiatan turut dihadiri Kabag Informasi dan Humas, Kasubbag Humas, dan Kepala UPT TIK Unila.

"PPID merupakan konsekuensi dari berlakunya UU Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik," ujar Wulan mengawali paparannya dalam rapat persiapan tersebut.

Selain mematuhi amanat undang-undang, keberadaan PPID menurut Wulan dapat berarti positif dalam konteks lain, yakni dalam hal penguatan kelembagaan kehumasan yang telah ada di Unila selama ini.

"Untuk itu ada beberapa hal yang harus dilakukan di antaranya meningkatkan kemampuan dan kompetensi sumberdaya manusia kehumasan di Unila," kata dia.

Menurut Wulan, pembentukan PPID merupakan hal penting yang harus digarap serius. Oleh karena itu Unila dapat merujuk perguruan tinggi lain yang PPIDnya sudah berjalan mapan.

"Beberapa perguruan tinggi besar telah memiliki PPID yang baik, semisal Universitas Indonesia, Universitas Padjajaran, dan Universitas Brawijaya," ungkapnya.

Rapat persiapan pembentukan PPID Unila tersebut dibuka Warek Bidang PK-TIK Unila Prof. Mahatma Kufepaksi. Dalam sambutannya, Ia berharap unit yang akan dibentuk ini selain dapat menjawab era keterbukaan informasi juga sebagai filter agar tidak terjadi distorsi informasi di masyarakat terkait Unila.

Sementara Kepala BPHM Harsono Sucipto, S.H.,M.H., menambahkan, adanya paparan dari pemateri utama hari itu diharapkan mampu memberikan pemahaman kepada pihak intenal Unila tentang apa dan bagaimana tugas dan kewenangan PPID.[Inay/humas][foto: Mamanda]