(Unila): Siswa SMA Negeri 1 Pulau Panggung, Kabupaten Tanggamus, nampak antusias saat melakukan kunjungan pembelajaran ke Universitas Lampung (Unila). Antusiasme itu mereka tunjukkan dengan aktif bertanya saat sesi tanya jawab berlangsung.

Kunjungan dewan guru dan siswa SMAN 1 Pulau Panggung tersebut diterima Kepala Bagian Informasi dan Hubungan Masyarakat Yodhi Rahmadani, S.E., dan Kasubbag Registrasi dan Statistik Unila Ainul Hudzni, S.I.Kom., M.I.P., di ruang sidang lantai IV, Gedung Rektorat Unila, Selasa (13/12) pagi.

Dalam kegiatan itu, sejumlah siswa bergantian mengajukan pertanyaan seputar profil Universitas Lampung. Mulai dari program beasiswa, keunggulan, program studi, hingga tips atau strategi agar dapat diterima di Kampus Hijau. Yodhi Ramadhani mewakili pimpinan Unila pun menjawab antusiasme para penanya dengan menjabarkan berbagai raihan prestasi yang Unila terima baik nasional dan regional dalam setahun terakhir. Dipaparkan Yodhi, dua penghargaan tingkat nasional tahun ini dimulai dari peringkat 16 besar oleh 4ICU, di mana penilaian dilakukan atas 11 ribu perguruan tinggi di seluruh dunia yang telah terakreditasi dan tersebar dalam 200 negara. 4ICU juga telah menempatkan Unila sebagai dua besar perguruan tinggi terbaik se-Sumatera. “Penghargaan tertinggi di tingkat nasional juga diraih Unila dalam program Webometrics yang kembali merilis peringkat Unila di posisi 15 di seluruh perguruan tinggi yang ada di Indonesia.

Peringkat 13 besar nasional juga diraih Unila dalam program Greenmetrics,” papar Yodhi. Ainul menambahkan, Unila merupakan perguruan tinggi tertua di Lampung dengan capaian usia 51 tahun pada 2016 ini. Saat ini Unila memiliki delapan fakultas dengan puluhan program studi dan jurusan. "Atas banyaknya pilihan prodi di Unila para siswa terkadang memiliki dilema tersendiri antara pilihan hati nurani dan keinginan orang tua. Maka kami sangat menyarankan untuk memilih prodi sesuai kemauan dan pilihan bidang kerja rekan-rekan siswa," kata dia.

Mengenai pertanyaan peserta bagaimana cara masuk Unila lewat jalur nonakademik atau jalur prestasi semisal olah raga, Ainul mengungkapkan, porsi penilaian prestasi non-akademik mencapai 30 persen. Hanya saja menurutnya, penilaian maksimal tentu akan semakin besar diraih siswa jika level prestasinya berada di tingkat nasional atau bahkan internasional.

Ahmad Sumadi selaku Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan mengatakan, kunjungan siswa SMA 1 Pulau Panggung, Tanggamus, kali ini berjumlah 73 siswa yang didampingi 23 orang dewan guru. "Kami mengucapkan terima telah menerima kunjungan pembelajaran ini. Harapannya, para siswa dapat memeroleh gambaran besar Universitas Lampung dan bagaimana situasi studi di perguruan tinggi sehingga mereka memiliki minat tinggi untuk lanjut studi," paparnya.[Inay/humas][foto by Gigih]