(Unila): PERKEMBANGAN dunia kehumasan tak bisa luput dari majunya teknologi informasi dan komunikasi. Humas masa kini tidak cukup hanya terampil menulis dan berbicara, tapi juga dituntut memiliki kemampuan dan keahlian tambahan terkait penguasaan internet.

 

Demikian dipaparkan tiga narasumber sidang panel bertajuk “Tantangan Humas Zaman Now” yang digelar pada Rapat Koordinasi Kehumasan 2018 di Harris Hotel, Malang, Jawa Timur, 29 hingga 31 Agustus 2018.

Ketiga narasumber itu meliputi Staf Khusus Presiden Bidang Komunikasi K/L Adita Irawati; Anggota Perhumas, Founder and Consultant Nagaru Communication Dian Agustine Nuriman; dan Pakar Digital dan Media Sosial Nukman Luthfie.

Sidang panel pertama ini membahas tiga poin utama seputar tantangan humas masa kini, antara lain Good News from Indonesia; How to Manage PR Crisis in Social Media; dan Digital PR Lifestyle.

Menurut mereka, untuk menjawab pesatnya perkembangan teknologi, tentu praktisi humas atau Public Relation (PR) harus bisa menjalankan Digital PR atau yang disebut e-PR di mana kegiatan humas bisa dilakukan secara online dengan memanfaatkan media internet, seperti website, media sosial, blog, dan lainnya.

Setelah itu acara dilanjutkan dengan Sosialisasi Anugerah Humas dan LLDikti 2018 kategori anugerah dan kriteria penilaian, kemudian sidang panel kedua dengan pokok bahasan mengenai “Urgensi Sinergi Media Sosial Aparatur Negara” oleh Wakil Sekretaris Tim Siman Pusat Kolonel Lek Dr. Arwin Sumari, S.T., M.T., IPM.

Agenda yang dihelat Kemenristekdikti bertajuk “Penguatan Humas dalam Menjawab Tantangan Era Digital” ini diikuti sebanyak 150 peserta yang merupakan perwakilan humas seluruh PTN, LLDikti, dan staf di lingkungan Kemenristekdikti. Universitas Lampung (Unila) juga turut mengirimkan dua delegasinya pada kegiatan nasional ini.

Selain meningkatkan koordinasi Biro KSKP dengan PTN dan Kopertis dalam pelaksanaan penguatan kelembagaan, tata kelola, dan sumber daya manusia, Rapat Koordinasi Kehumasan ini bertujuan membangun persamaan persepsi dalam pengelolaan layanan informasi riset teknologi, dan pendidikan tinggi; menyosialisasikan anugerah humas PTN dan Kopertis Tahun 2018; menyosialisasikan tugas pokok dan fungsi Tim Sinergi Media Sosial Aparatur Negara (Siman); serta pengayaan Permen Kehumasan.

Diharapkan, kegiatan mampu meningkatkan kinerja humas PTN dan Kopertis dan tercipta hasil rekomendasi dan pengayaan Permen Kehumasan Penguatan kelembagaan, tata kelola, dan sumber daya manusia.

Turut hadir dalam kegiatan, Sekretaris Jenderal Kemenristekdikti Ainun Na’im dan Kepala Biro Kerja sama dan Komunikasi Publik Nada Darmiyanti selaku narasumber.[Inay_Humas]